Breaking News
Loading...
Loading...
Tuesday, September 24, 2013

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT

September 24, 2013
       Asskum Sobat pada postingan ini saya ingin membagikan sedikit pengetahuan tentang SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT, yang mana ini adalah hasil dari penelitian saya. Berikut pengertianya saya tuliskan pada konten dibawah, sedangkan untuk project nya saya akan mempostingkan lain kali karena perlu capture dan masih agak malas....
Diagnosis penyakit secara umum ialah penentuan jenis penyakit dengan cara meneliti atau memeriksa berdasarkan tanda dan gejala. Pembanding diagnosis yang dilakukan dengan membanding-bandingkan tanda klinis suatu penyakit dengan tanda klinis penyakit lain.
2.4.1        Pengertian Sistem Pakar
        Sistem pakar dibuat pada wilayah pengetahuan tertentu yang mendekati kemampuan manusia didalam satu bidang keahlian. Sistem pakar mencoba mencari solusi tertentu yang memuaskan sebagaimana yang akan dilakukan seorang ahli. Sri dan Sari (2008:3) Berikut pengertian dari bebrapa ahli tentang sistem pakar:
a.       Martin dan Oxman (1988)
       Sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah, yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar dalam bidang tertentu.
b.      Iginzo (1991)
       Sistem pakar merupakan bidang yang dicirikan oleh sistem berbasis pengetahuan (Knowledge Base System), memungkinkan komputer dapat berfikir dan mengambil kesimpulan dari sekumpulan kaidah.
c.       Turban dan Anderson (2001)
      Sistem yang menggunakan pengetahuan manusia yang dimaksudkan ke dalam komputer untuk memecahkan masalah-masalah yang biasanya diselesaikan oleh pakar.
d.      Giarratano dan Riley (2005)
       Salah satu cabang kecerdasan buatan yang menggunakan pengetahuan-pengetahuan khusus yang dimiliki oleh seorang ahli untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.
2.4.2        Elemen Manusia Pada Sistem Pakar
       Sri dan Sari (2008:11) Sistem Pakar tidak lepas dari elemen manusia yang terkait di dalamnya. Personil yang tekait dengan sistem pakar ada 4 yaitu :
1.      pakar (expert)
2.      pembangun pengetahuan (knowledge engineer)
3.      pembangun sistem (system engineer)
4.      pemakai (user)

Berikut penjelasan dari elemen manusia pada sistem pakar :
a.       Pakar (expert), adalah seorang individu yang memiliki pengetahuan khusus, pemahaman, pengalaman, dan metode-metode yang digunakan untuk memecahkan persoalan dalam bidang tertentu.
b.      Pembangun pengetahuan (knowladge enginner), Pembangun pengetahuan memiliki tugas utama menterjemahkan dan mempresentasikan pengetahuan yang diperoleh dari pakar, baik berupa pengalaman pakar dalam menyelesaikan masalah maupun sumber terdokumentasi lainya ke dalam bentuk yang bisa diterjemahkan oleh sistem pakar.
c.       Pembangun sistem (system engineer), Pembangun sistem adalah orang yang bertugas untuk merancang antar muka pemakai sistem pakar, merancang pengetahuan yang sudah diterjemahkan oleh pembangun pengetahuan kedalam bentuk yang sesuai dan dapat diterima oleh sistem pakar dan mengimplementasikan kedalam mesin inferensi.
d.      Pemakai (user), Banyak sistem berbasis komputer mempunyai susunan pengguna tunggal, hal ini berbeda jauh dengan sistem pakar yang  memungkinkan mempunyai beberapa kelas pengguna. Berikut contoh hubungan antara kelsa pengguna, kepentingan pengguna, dan fungsi dari sistem pakar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berkah bagi kita semua...

Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment

ANDA SOPAN KAMI SEGAN :)

 
Toggle Footer