Breaking News
Loading...
Loading...
Wednesday, September 6, 2017

PENGERTIAN SISTEM TERINTEGRASI DAN PEMBAHASANNYA

September 06, 2017
Assalamualaikum
Sistem terintegrasi merupakan sistem informasi yang melibatkan berbagai unit fungsional di dalam perusahaan maupun hubungan, perusahaan dengan pihak luar seperti pelanggan dan pemasok.

ERP (Enterprise Resource Planning)

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang mengimplementasikan ERP dalam mendukung proses bisnis mereka. ERP dibutuhkan perusahaan untuk mengintegrasikan dan menyelesaikan proses bisnis lintas organisasi. Implementasi ERP diharapkan mampu meningkatkan produktivitas perusahaan dan mendapatkan efisiensi, kelincahan, serta responsivitas yang dibutuhkan dalam mencapai keberhasilan dalam persaingan bisnis. Aplikasi-aplikasi ERP antara lain SAP (mySAP), BAAN, Oracle, JD Edwards (Telah diakusisi oleh Oracle), Oeiokesift (telah diakusisi Oracle), Compiere (Opensource), dan lain sebagainya.

ERP adalah aplikasi sistem informasi manajemen terintegrasi untuk bisnis/organisasi yang mencakup multi fungsionalitas seperti penjualan, pembelian, produksi gudang, akuntansi dan finansial, penggajian, sumber daya manusia dan lain sebagainya.
Menurut O'Brien (2005), ERP adalah sistem lintas fungsi perusahaan yang digerakkan oleh modul software suite  terintegrasi yang mendukung proses bisnis dasar internal perusahaan. ERP memberikan perusahaan tampilan real time terintegrasi atas proses bisnis dasar intinya, seperti produksi, pemrosesa pesanan, dan manajemen persediaan, yang disatukan oleh software aplikasi ERP dan database umum yang dipelihara oleh DBMS.

Aplikasi ERP menjadi tulang punggung (Blackbone/black-office) sistem informasi manajemen untuk meningkatkan efisiensi operasi bisnis dan efektivitas pengambilan keputusan. Aplikasi ERP memiliki peran yang strategis untuk kepentingan persaingan bisnis. ERP menyediakan aplikasi aplikasi perangkat lunak terintegrasi dan terpusat untuk membantu mengelola dan mengoordinasikan segala aktivitas perusahaan seperti manufaktur, distribusi, akuntansi, keuangan, perencanaan produk dan pengelolaan sumber daya manusia, serta mencakup sumber daya bisnis, seperti kas, bahan buku, dan kapasitas produk.

sumber: Buku Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi
Penulis: Agus Mulyanto
2009

0 comments:

Post a Comment

ANDA SOPAN KAMI SEGAN :)

 
Toggle Footer